Sabtu, 12 Juli 2014

KESENIAN TARIAN JAIPONG - ILMU SOSIAL DAN BUDAYA



SISTEM KESENIAN TARIAN JAIPONG

Tari Jaipong yaitu tarian yang berasal dari Jawa Barat. sebuah genre seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman sunda asal Bandung, yang bernama Gugum Gumbira. Gerakan tarian jaipong sangat gemulai dan ayu. tarian yang sangat di sukai oleh masyarakat Jawa Barat (khususnya) karena gerakannya yang sangat menarik. Tari jaipong juga Sebagai tari pergaulan, sejarah perkembangan dalam tradisi tari jaipong sangat cepat. Tari jaipong  muncul pada akhir tahun 1970 an yang sampai hari ini popularitasnya masih hidup di tengah masyarakat. Bahkan Perkembangan tarian jaipong bukan hanya tersebar di jawa barat saja tetapi juga telah sampai ke luar negeri. Tarian Jaipong sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat, tarian ini bisa di gunakan untuk acara - acara penting di antaranya kedatangan tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat, yang selalu di sambut dengan pertunjukkan tari Jaipongan Kendang. Bermacam - macam Alat Musik Tari Jaipong yaitu : Saron I, II. Bonang, Rincik, Demung, Rebab, Kecrek, Sinden, Gong, Juru alok
ü  Nilai budaya tarian jaipong.
penerapan  budaya  dalam  kehidupan,  perkembangan nilai – nilai yang melekat di masyarakat yang mengatur keserasian, keselarasan, serta keseimbangan. Nilai tersebut di konsepkan sebagai nilai budaya. Yaitu dimana kebudayaan mempunyai nilai tersendiri pada jenis tingkat kesenianya, seperti tarian jaipong yang mempunyai nilai tarian yang cukup karena tarian tersebut dapat menghibur masyarakat sekitarnya.



ü  Melestarikan tarian budaya jaipong.

Dalam menjaga kelestarian budaya jawa barat yang ada dalam masyarakat Indonesia. dapat di lakukan dengan banyak berbagai cara, Beberapa cara yang bisa di lakukan oleh semua kalangan masyarakat khususnya kita, sebagai generasi muda. Di antaranya yaitu :

1.    Mau mempelajari kebudayaan tarian jaipong, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkan gerakanya dengan baik.

2.    Ikut berpartisipasi dengan mementaskan budaya tari tradisonal khususnya tarian jaipong pada acara atau pun kegiatan tertentu.

3.    Mengajarkan kebudayaan kesenian tari jaipong pada generasi penerus sehingga kebudayaan kita tidak musnah dan tetap dapat bertahan, karena jangan sampai tarian tersebut di jiplak oleh negara lain.

4.    Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan,menjelekan dan melecehkan budaya orang lain.

5.    Menghilangkan perasaan gengsi atau pun malu dengan kebudayaan seni tari yang kita miliki.

ü  Wujud budaya

            Wujud Kebudayaan Indonesia mencakup aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda,khususnya daerah jawa barat. Salah satunya Tarian jaipong telah ada sejak jaman dahulu, tarian ini merupakan tarian khas jawa barat dimana tarian ini di perkenalkan oleh gugum gumbira, tarian ini telah menjadi bagian dari budaya masyarakat jawa barat, walaupun sekarang tampaknya tidak banyak lagi anak muda yang mempelajari tarian jaipong. Karena Masyarakat berpandang bahwa tarian jaipong cukup erotis, pada dasarnya gerakan jaipong tidak terlalu erotis apabila penari melakukan gerakanya dengan baik, maka dari itu tarian jaipong menyajikan nilai estetika yang sangat tinggi. tetapi di samping itu tarian jaipong mempunyai Ciri khas yaitu keceriaan, humoris, semangat dan kesederhanaan (alami atau apa adanya). dari sisi pandang sistem sosial tarian jaipong ini saling berinteraksi dengan para penonton yang berada di sekitarnya, hal itu merupakan adat kebiasaan dari tarian jaipong dengan keramahanya. Perkembangan Tarian ini sudah di kenal diluar daerah jawa barat.

ü  Substansi budaya

            Kebudayaan Indonesia telah ada sejak jaman nenek moyang kita dulu masih hidup, kebudayaan tersebut di kembangkan dan sampai sekarang kebudayaan itu masih ada dan masih melekat pada bangsa indonesia. yang kaya akan ragam budaya, mulai dari alat musik, lagu daerah, termasuk tari - tarian tradisionalnya. Manusia merupakan makhluk yang berbudaya, melalui akalnya manusia dapat mengembangkan kebudayaanya. manusia hidup dan tergantung pada kebudayaan sebagai hasil ciptaanya. Manusia dan masyarakat memerlukan kepuasan baik secara spiritual maupun materil. Kebudayaan masyarakat sebagian besar di penuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri.
            Hasil karya masyarakat melahirkan kebudayaan yang mempunyai kegunaan utama dalam menghibur masyarakat. Salah satunya provinsi jawa barat yang memiliki cukup banyak tarian tradisionalnya khususnya tarian jaipong yang sudah di kenal masyarakat, tarian tersebut tidak boleh kita lupakan karena semakin perkembangan jaman semakin banyak tarian dan semakin akan lupa khususnya generasi muda pada tarian tradisional, tetapi pada dasarnya setiap anak muda mempunyai kegemaran tarian masing – masing, jaman sekarang banyak tarian modern (dance) yang muncul seperti shuffle dance, moonwalk dance, break dance, Blood-Elf Dance, robot Dance dan masih banyak lagi tarian modern lainya. oleh karena itu kita sebagai generasi muda seharusnya kita tonjolkan tarian tradisional yang seharusnya kita perkenalkan pada anak kita nanti, karena tarian tersebut tidak boleh punah dengan begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar