Sabtu, 12 Juli 2014

PERUBAHAN MINAT - PSIKOLOGI PERKEMBANGAN



Penyesuaian perubahan minat
Perkembangan Pada Dewasa Akhir ( 60 - isdead )

a. Penyesuaian terhadap perubahan fisik
·         Perubahan fisik bukan lagi pertumbuhan tetapi pergantian dan perbaikan sel – sel tubuh.
·         Pertumbuhan dan reproduksi sel – sel menurun, oleh karena itu peristiwa penurunan pertumbuhan dan reproduksi sel – sel menyebabkan terjadi banyak kegagalan pergantian sel – sel yang rusak, lamanya penyembuhan apabila lansia menderita sakit.
b. Perubahan Kognitif
·         Orang yang sudah tua menjadi pelupa, reaksi terhadap rangsangan yang semakin lamban
·         Orang yang sudah tua itu sebagian orang memusuhi generasi muda mempertahankan cara lama dan tidak ingin adanya perubahan.
c. Penyesuaian peran seksual
·         Setiap orang butuh dicintai dan dipelihara meskipun sudah tua. penelitian yang dilakukan oleh master dan Johnson (1968). seorang wanita yang mengalami menopause bukan berarti tidak mungkin menikmati hubungan intim dengan pasangannya, bahkan wanita ini mengalami pembaharuan minat dan kesenangan terhadap hubungan intim. pada wanita menopause memang terjadi perubahan hormone, namun hal itu menghalangi wanita itu untuk menikmati hubungan seks.
d. Penyesuaian perubahan minat
Mengenai minat dan keinginan tersebut dibahas pada uraian berikut ini :
- Minat pribadi
·         Minat dalam diri sendiri : orang menjadi semakin dikuasai oleh diri sendiri apabila semakin tua
·         Minat terhadap pakaian : minat terhadap pakaian tergantung pada sejauh mana orang berusia lanjut terlubat dalam kegiatan sosial
·         Minta terhadap uang : pensiun atau pengangguran mungkin akan menjalani masa tuanya dengan pendapatan yang kurang bahkan mungkin tanpa pendapatan samasekali.
- Minat untuk rekreasi :beberapa perubahan dalam kegiatan sering dilakukan karena memang tidak dapat dielakkan
- Minat sosial
- Minat untuk mati


e. Penyesuaian perubahan perkawinan
·         Salah satu cara orang usia lanjut dalam mengatasi masalah kesepian dan hilangnya aktivitas seksual yang disebabkan karena tidak mempunyai pasangan hidup adalah dengan cara menikah kembali. menikah lagi pada masa dewasa ini merupakan hal yang biasa daripada masalalu. bagaimana seperti telah ditekankan pada uraian yang terdahulu, bahwa kesempatan untuk menikah kembali lebih sedikit bagi wanita daripada bagi pria dari tahun ke tahun.
f. Penyesuaian pekerjaan
Pria lanjut usia biasanya lebih tertarik pada jenis pekerjaan yang statis dari pada pekerjaan yang bersifat menantang yang mereka sadari tak mungkin ada. mereka lebih puas dengan pekerjaannya pada orang yang lebih muda. wanita yang tidak bekerja selama masa dewasa ini ketika mereka sibuk dengan pekerjaan rumahtangga dan mengurus anak, sering kali bekerja usia madya dan mendapatkannya. sebagai komponensasi kepuasan dari tanggungjawab keluarga dan rumah semakin berkurang. 
Kemampuan Mental pada Usia Lanjut

      Pada masa lalu di duga bahwa kerusakan mental yang tidak dapat dihindari jugadiikuti oleh kerusakan fisik. Menurunnya kondisi fisik yang menunjang kerusakanmental telah ditunjukan dengan fakta bahwa perlakuan terhadap hormon seks padawanita berusia lanjut dapat meningkatkan kemampuan berfikir, mempelajari bahan baru,menghafal, mengingat, dan meningkatkan kemauan untuk mengeluarkan energiintelektual. Pada pihak lain beberapa kondisi pathologis seperti tekanan darah tinggi,mengarah pada hilangnya kemampuan intelektual pada usia lanjut meskipun menurutWilkie dan Eisdorfer bahwa gangguan-gangguan semacam itu bukan merupakan bagiandari proses ketuaan yang normal (Hurlock, 1980)

            Seberapa besar penurunan kemampuan mental pada usia lanjut? Ada yang pentinguntuk diketahui bahwa menurunnya kemampuan mental yang berhubungan dengan usialanjut mungkin tidak sepopuler yang diduga orang atau seperti yang diduga orang atauseperti yang dilaporkan oleh hasil studi terdahulu. Dalam beberapa hal, adalah untuk penurunan mental yang kelihatatan yang menyertai pertambahan usia. Sebagai tambahan,selama diketahui bahwa kecepatan bergerak menurun secara bertahap sesuai denganpertambahan usia, maka tes terhadap kemampuan mental yang menekankan pada elemenwaktu dianggap tidak sesuai bagi orang berusia lanjut. Karena adanya bukti-bukti yangsaling bertentangan dewasa ini tentang menurunnya kemampuan mental, Horn danDonaldson memperingatkan bahwa (82)
            Ada hal yang menyebabkan bertentangan pandangan, bahwa semua kemampuan yang dipercayai terlibat dalam kecerdasan menurun atau menurun dalam cara yangsama; beberapa kemampuan menurun atau tidak sama sekali. Disamping itu juga ada hasil yang bertentangan dengan yang diharapkan, bahwa penurunan kemampuanmental terjadi bagi seluruh sabjek atau yang sudah diatur sedini mungkin seperti yang diharapkan data antar bagian secara terpisah.Tidak ada usia tertentu yang dianggap sebagai awal mula terjadinya penurunan mentaldan tidak ada pola khusus dalam penurunan mental yang berlaku untuk semua orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar