Sabtu, 12 Juli 2014

kisi kisi - afektif - psikomotorik - EVALUASI PEMBELAJARAN



·        KISI – KISI KOGNITIF

No
Aspek
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indikator soal
bentuk soal
Ranah afektif
Tingkat kesulitan
Soal
1
Membaca.
Memahami tingkatan taksonomi bloom.
1.1 mengidentifikasi tingkatan ranah afektif menurut taksonomi bloom.
mahasiswa dapat memilih dan menentukan tingkatan ranah afektif.
Pilihan ganda.
C1
Mudah.
1, 3 dan 4
Menulis.


mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan tingkatan ranah afektif.
Essay.
C1
Sedang.
2
Mahasiswa dapat menguraikan ranah afektif
Essay.
C1
Sulit.
6
2
Membaca

Memahami penilaian afektif.
1.1
Mengidentifikasi sistem penskoran dalam penilaian afektif.
mahasiswa dapat memilih sistem penskoran penilaian afektif.
Pilihan ganda.
C6
Sedang.
2
1.2
mengidentifikasi karakteristik dalam penilaian afektif.
Mahasiswa dapat menentukan karakteristik penilaian afektif.
Pilihan ganda.
C6
Sedang.
5
1.3 mengidentifikasi komponen sikap.
Mahasiswa dapat memilih komponen sikap.
Pilihan ganda.
C6
Mudah.
7
Menulis.
1.4
mengidentifikasi instrument penilaian afektif.
Mahasiswa dapat menguraikan
Instrument penilaian afektif.
Essay.
C6
Sulit.
5
3
Membaca
Memahami model pembelajaran afektif.
1.1 mengidentifikasi model pembelajaran afektif.
Mahasiswa dapat memilih model dalam
pembelajaran afektif.
 Pilihan ganda.
C6
Sedang.
6
Menulis.

Mahasiswa menjelaskan model konsiderasi dan model rasional.
Essay.
C1
Sedang.
3
4
Membaca
Memahami skala pengukuran afektif.
1.1 mengidentifikasi skala pengukuran afektif.
Mahasiswa dapat menentukan skala pengukuran afektif.
Pilihan ganda.
C3
Sulit.
8
1.2 mengidentifikasi skala likert.
Mahasiswa dapat memilih skala likert.
Pilihan ganda.
C5
Mudah.
9
Menulis.
1.3
mengidentifikasi skala penskoran.
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan skala likert dan skala semantik.
Essay.
C6
Sedang.
4
5
Membaca
Memahami tingkatan aspek afektif.
1.1 mengidentifikasi tingkatan aspek afektif.
Mahasiswa dapat menentukan tingkatan aspek afektif.
Pilihan ganda.
C3
Mudah.
10
Menulis.



1.2 mengidentifikasi aspek – aspek afektif.
Mahasiswa dapat menjelaskan aspek – aspek yang meliputi tingkatan aspek afektif.
Essay.
C6
Sulit.
1

     A.   Pilihan ganda.

      1.      Taksonomi bloom mempunyai 5 tingkatan ranah afektif, Berikut yang tidak termasuk tingkatan taksonomi bloom adalah ?
a.      Menggapai.
b.      Menerima.
c.       Menanggapi.
d.      Menilai.
e.       Mengelola.

      2.      Di bawah ini yang termasuk sistem penskoran dalam penilaian afektif adalah ?
a.       Skala nominal.  
b.      Skala likert.
c.       Skala maksimal.
d.      Skala minimum.
e.       Skala stone.
  
      3.      1. Menilai.
      2. mengelola.
      3. menghayati.
      4. menerima.
      5. menanggapi.

Manakah urutan taksonomi bloom yang paling benar ?
a.       Menilai, menanggapi, mengelola, menghayati, menerima.
b.      Menilai , menghayati, menanggapi, mengelola, menerima.
c.       Menerima, menanggapi, menilai, mengelola, menghayati.
d.      Menerima,menanggapi, menghayati, mengelola, menilai.
e.       Menghayati, menanggapi, menilai, mengelola, menerima.

      4.      Menurut taksonomi bloom ranah afektif mempunyai 5 tingkatan salah satunya yaitu menerima, manakah yang termasuk menerima ?
a.       Mengubah perilaku.
b.      Mengklasifikasikan.
c.       Memperjelas.
d.      Mematuhi.
e.       Melaporkan.

      5.      Berikut yang termasuk karakteristik penilaian afektif adalah ?
a.       Menghayati.
b.      mengelola.
c.       menilai.
d.      menanggapi.
e.       Minat.

      6.      Yang tidak termasuk model pembelajaran afektif adalah ?
a.       Model konsiderasi.
b.      Model rasional.
c.       Klasifikasi nilai.
d.      Intensitas.
e.       Pengembangan moral kognitif.

      7.      Penilaian afektif mempunyai komponen sikap, berikut yang termasuk komponen sikap adalah ?
a.       Sifat.
b.      Moral.
c.       Konasi.
d.      Konsep diri.
e.       Nilai.

      8.      1. Netral.
      2. Mendukung (positif).
      3. Menolak (negatif).

Manakah urutan pernyataan skala pengukuran afektif yang paling benar ?
a.       1, 2, 3.
b.      2, 3, 1.
c.       3, 2, 1.
d.      2, 1, 3.
e.       1, 3, 2.

     9.      Manakah yang termasuk skala thurstone ?
a.        
Berilah tanda ceklis (√) sesuai angka yang anda pilih pada tiap pernyataan berikut ini.
Pernyataan
10

9
8
7
6
5
4
3
2
1
1.      Saya menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.










2.      Proses evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.










3.      Saya ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.











b.       
Berilah tanda ceklis (√) sesuai pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
Pernyataan
SS

S
N
TS
STS
1.      Saya menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.





2.      Proses evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.





3.      Saya ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.






c.        
Berilah tanda ceklis (√)  sesuai pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.

Pernyataan
10

9
8
7
6
5
4
3
2
1
Saya menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.










Saya tertantang untuk mengetahui evaluasi pembelajaran lebih dalam lagi.
Proses evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.










Saya selalu memperhatikan mata kuliah evaluasi pembelajaran.
Saya ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.










Saya merasa evaluasi pembelajaran sangat mudah.

d.       
Berilah tanda ceklis (√) sesuai pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
Pernyataan
YA

TIDAK
1.      Saya menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.


2.      Proses evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.


3.      Saya ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.



e.        
Berilah tanda ceklis (√) sesuai pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
Pernyataan
SS

TS
S
STS
1.      Saya menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.




2.      Proses evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.




3.      Saya ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.




     
     10.  Evaluasi pembelajaran mempunyai tingkat aspek afektif, berikut yang tidak termasuk dalam tingkatan aspek afektif adalah ?
a.       Penerimaan.
b.      Responsi.
c.       Acuan nilai.
d.      Organisasi.
e.       Respondensasi.

      B.   Essay.

1.      Jelaskan aspek – aspek apa saja yang meliputi tingkatan aspek afektif ?
2.      Sebutkan dan jelaskan 5 tingkatan ranah afektif menurut taksonomi bloom ?
3.      Jelaskan pengertian model konsiderasi dan model rasional ?
4.      Jelaskan perbedaan skala likert dan skala semantik ?
5.      Uraikan langkah – langkah menyusun instrument penilaian afektif ?
6.      Apakah yang di maksud dengan ranah afektif ?

·        PENILAIAN AFEKTIF

PENILAIAN AFEKTIF TENTANG MINAT SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN MAKHLUK HIDUP DALAM MATA PELAJARAN IPA

No
Pernyataan
SS
S
N
TS
STS
1
Saya mengikuti mata pelajaran IPA, tentang pelajaran makhluk hidup.





2
Saya fokus memperhatikan saat guru menjelaskan tentang pelajaran makhluk hidup.





3
pelajaran tentang makhluk hidup sangat mudah untuk di pahami.





4
Saya sangat menyukai mata pelajaran IPA tentang materi makhluk hidup.





5
Saya menata buku catatan tentang materi makhluk hidup hingga lengkap.





6
Saya mencatat penjelasan – penjelasan dari guru.





7
Saya mempelajari materi makhluk hidup dengan
sebaik – baiknya.





8
Saya menyukai tugas - tugas yang di berikan oleh guru.





9
Saya mengerjakan tugas – tugas tentang pelajaran makhluk hidup dengan sendirinya.





10
Saya tidak bosan dengan mata pelajaran IPA tentang makhluk hidup.






Keterangan :
      Ø  Sangat setuju (SS).     
      Ø  Setuju (S).      
      Ø  Netral (N).                  
      Ø  Tidak setuju (TS).
      Ø  Sangat tidak setuju (STS).

·        Psikomotorik

Nomor butir
Aspek keterampilan
5
4
3
2
1
·        Posisi membaca al – quran. (bobot 50%)
01
Membaca al – quran dengan posisi badan yang tegak.





02
Pandangan mata tertuju pada al – quran (huruf hijaiyah).





03
Waktu membaca gunakan satu jari untuk menunjuk bacaan huruf hijaiyah atau bisa dengan kallam.





04
Waktu membaca serius (tidak lirik - lirik).





05
Membaca shadaqallahulazim setelah selesai membaca al – quran.





·        Memulai membaca al – quran. (bobot 50%)
06
Awal membaca al – quran di mulai dengan audzubillahiminasyaitonirozim.





07
Membaca al – quran dengan panjang pendeknya yang jelas.





08
Waktu membaca al – quran nada arus nyaring.





09
Lancar saat membacanya.





10
Tanda bacaan al – quran harus fasih (lancar).






Keterangan :

·        5        = sangat tepat.
·        4        = bila tepat.
·        3        = bila agak tepat.
·        2        = bila tidak tepat.
·        1        = bila sangat tidak tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar