·
KISI –
KISI KOGNITIF
No
|
Aspek
|
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indikator
soal
|
bentuk soal
|
Ranah afektif
|
Tingkat
kesulitan
|
Soal
|
1
|
Membaca.
|
Memahami tingkatan taksonomi bloom.
|
1.1 mengidentifikasi
tingkatan ranah afektif menurut taksonomi bloom.
|
mahasiswa dapat memilih dan
menentukan tingkatan ranah afektif.
|
Pilihan ganda.
|
C1
|
Mudah.
|
1, 3 dan 4
|
Menulis.
|
mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan tingkatan ranah
afektif.
|
Essay.
|
C1
|
Sedang.
|
2
|
|||
Mahasiswa dapat menguraikan ranah afektif
|
Essay.
|
C1
|
Sulit.
|
6
|
||||
2
|
Membaca
|
Memahami penilaian afektif.
|
1.1
Mengidentifikasi sistem penskoran dalam penilaian afektif.
|
mahasiswa dapat memilih sistem
penskoran penilaian afektif.
|
Pilihan ganda.
|
C6
|
Sedang.
|
2
|
1.2
mengidentifikasi karakteristik dalam penilaian afektif.
|
Mahasiswa dapat menentukan karakteristik penilaian afektif.
|
Pilihan ganda.
|
C6
|
Sedang.
|
5
|
|||
1.3 mengidentifikasi komponen sikap.
|
Mahasiswa dapat memilih komponen sikap.
|
Pilihan ganda.
|
C6
|
Mudah.
|
7
|
|||
Menulis.
|
1.4
mengidentifikasi instrument penilaian afektif.
|
Mahasiswa dapat menguraikan
Instrument penilaian afektif.
|
Essay.
|
C6
|
Sulit.
|
5
|
||
3
|
Membaca
|
Memahami model pembelajaran afektif.
|
1.1 mengidentifikasi model pembelajaran afektif.
|
Mahasiswa dapat memilih model dalam
pembelajaran afektif.
|
Pilihan ganda.
|
C6
|
Sedang.
|
6
|
Menulis.
|
Mahasiswa menjelaskan model konsiderasi dan model rasional.
|
Essay.
|
C1
|
Sedang.
|
3
|
|||
4
|
Membaca
|
Memahami skala pengukuran afektif.
|
1.1 mengidentifikasi skala pengukuran afektif.
|
Mahasiswa dapat menentukan skala pengukuran afektif.
|
Pilihan ganda.
|
C3
|
Sulit.
|
8
|
1.2 mengidentifikasi skala likert.
|
Mahasiswa dapat memilih skala likert.
|
Pilihan ganda.
|
C5
|
Mudah.
|
9
|
|||
Menulis.
|
1.3
mengidentifikasi skala penskoran.
|
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan skala likert dan skala semantik.
|
Essay.
|
C6
|
Sedang.
|
4
|
||
5
|
Membaca
|
Memahami tingkatan aspek afektif.
|
1.1 mengidentifikasi tingkatan aspek afektif.
|
Mahasiswa dapat menentukan tingkatan aspek afektif.
|
Pilihan ganda.
|
C3
|
Mudah.
|
10
|
Menulis.
|
1.2 mengidentifikasi aspek – aspek afektif.
|
Mahasiswa dapat menjelaskan aspek – aspek yang meliputi tingkatan
aspek afektif.
|
Essay.
|
C6
|
Sulit.
|
1
|
A.
Pilihan
ganda.
1.
Taksonomi
bloom mempunyai 5 tingkatan ranah afektif, Berikut yang tidak termasuk tingkatan
taksonomi bloom adalah ?
a.
Menggapai.
b.
Menerima.
c.
Menanggapi.
d.
Menilai.
e.
Mengelola.
2.
Di
bawah ini yang termasuk sistem penskoran dalam penilaian afektif adalah ?
a.
Skala
nominal.
b.
Skala likert.
c.
Skala
maksimal.
d.
Skala
minimum.
e.
Skala
stone.
3.
1.
Menilai.
2. mengelola.
3. menghayati.
4. menerima.
5. menanggapi.
Manakah urutan
taksonomi bloom yang paling benar ?
a.
Menilai,
menanggapi, mengelola, menghayati, menerima.
b.
Menilai
, menghayati, menanggapi, mengelola, menerima.
c.
Menerima, menanggapi, menilai, mengelola, menghayati.
d.
Menerima,menanggapi,
menghayati, mengelola, menilai.
e.
Menghayati,
menanggapi, menilai, mengelola, menerima.
4.
Menurut
taksonomi bloom ranah afektif mempunyai 5 tingkatan salah satunya yaitu
menerima, manakah yang termasuk menerima ?
a.
Mengubah
perilaku.
b.
Mengklasifikasikan.
c.
Memperjelas.
d.
Mematuhi.
e.
Melaporkan.
5.
Berikut
yang termasuk karakteristik penilaian afektif adalah ?
a.
Menghayati.
b.
mengelola.
c.
menilai.
d.
menanggapi.
e.
Minat.
6.
Yang
tidak termasuk model pembelajaran afektif adalah ?
a.
Model
konsiderasi.
b.
Model
rasional.
c.
Klasifikasi
nilai.
d.
Intensitas.
e.
Pengembangan
moral kognitif.
7.
Penilaian
afektif mempunyai komponen sikap, berikut yang termasuk komponen sikap adalah ?
a.
Sifat.
b.
Moral.
c.
Konasi.
d.
Konsep
diri.
e.
Nilai.
8.
1.
Netral.
2. Mendukung
(positif).
3. Menolak
(negatif).
Manakah urutan pernyataan
skala pengukuran afektif yang paling benar ?
a.
1,
2, 3.
b.
2, 3, 1.
c.
3,
2, 1.
d.
2,
1, 3.
e.
1,
3, 2.
9.
Manakah
yang termasuk skala thurstone ?
a.
Berilah tanda
ceklis (√) sesuai angka
yang anda pilih pada tiap pernyataan berikut ini.
|
||||||||||
Pernyataan
|
10
|
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
Saya
menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.
|
||||||||||
2.
Proses
evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.
|
||||||||||
3.
Saya
ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.
|
b.
Berilah tanda
ceklis (√) sesuai
pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
|
|||||
Pernyataan
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
1.
Saya menyukai
pelajaran evaluasi pembelajaran.
|
|||||
2.
Proses
evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.
|
|||||
3.
Saya ingin
mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.
|
c.
Berilah
tanda ceklis (√) sesuai
pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
|
|||||||||||
Pernyataan
|
10
|
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Saya menyukai pelajaran evaluasi pembelajaran.
|
Saya
tertantang untuk mengetahui evaluasi pembelajaran lebih dalam lagi.
|
||||||||||
Proses evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.
|
Saya selalu
memperhatikan mata kuliah evaluasi pembelajaran.
|
||||||||||
Saya ingin mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.
|
Saya merasa
evaluasi pembelajaran sangat mudah.
|
d.
Berilah
tanda ceklis (√) sesuai
pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
|
||
Pernyataan
|
YA
|
TIDAK
|
1.
Saya menyukai
pelajaran evaluasi pembelajaran.
|
||
2.
Proses
evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.
|
||
3.
Saya ingin
mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.
|
e.
Berilah
tanda ceklis (√) sesuai
pilihan pada tiap pernyataan berikut ini.
|
||||
Pernyataan
|
SS
|
TS
|
S
|
STS
|
1.
Saya menyukai
pelajaran evaluasi pembelajaran.
|
||||
2.
Proses
evaluasi pembelajaran sangat menyenangkan.
|
||||
3.
Saya ingin
mendalami mata kuliah evaluasi pembelajaran.
|
10.
Evaluasi
pembelajaran mempunyai tingkat aspek afektif, berikut yang tidak termasuk dalam
tingkatan aspek afektif adalah ?
a.
Penerimaan.
b.
Responsi.
c.
Acuan
nilai.
d.
Organisasi.
e.
Respondensasi.
B.
Essay.
1.
Jelaskan
aspek – aspek apa saja yang meliputi tingkatan aspek afektif ?
2.
Sebutkan
dan jelaskan 5 tingkatan ranah afektif menurut taksonomi bloom ?
3.
Jelaskan
pengertian model konsiderasi dan model rasional ?
4.
Jelaskan
perbedaan skala likert dan skala semantik ?
5.
Uraikan
langkah – langkah menyusun instrument penilaian afektif ?
6.
Apakah
yang di maksud dengan ranah afektif ?
·
PENILAIAN
AFEKTIF
PENILAIAN AFEKTIF TENTANG MINAT SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN
MAKHLUK HIDUP DALAM MATA PELAJARAN IPA
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya
mengikuti mata pelajaran IPA, tentang pelajaran makhluk hidup.
|
|||||
2
|
Saya
fokus memperhatikan saat guru menjelaskan tentang pelajaran makhluk hidup.
|
|||||
3
|
pelajaran
tentang makhluk hidup sangat mudah untuk di pahami.
|
|||||
4
|
Saya
sangat menyukai mata pelajaran IPA tentang materi makhluk hidup.
|
|||||
5
|
Saya
menata buku catatan tentang materi makhluk hidup hingga lengkap.
|
|||||
6
|
Saya
mencatat penjelasan – penjelasan dari guru.
|
|||||
7
|
Saya
mempelajari materi makhluk hidup dengan
sebaik
– baiknya.
|
|||||
8
|
Saya
menyukai tugas - tugas yang di berikan oleh guru.
|
|||||
9
|
Saya
mengerjakan tugas – tugas tentang pelajaran makhluk hidup dengan sendirinya.
|
|||||
10
|
Saya
tidak bosan dengan mata pelajaran IPA tentang makhluk hidup.
|
Keterangan :
Ø Sangat setuju (SS).
Ø Setuju (S).
Ø Netral (N).
Ø Tidak setuju (TS).
Ø Sangat tidak setuju (STS).
·
Psikomotorik
Nomor butir
|
Aspek keterampilan
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
·
Posisi membaca al – quran. (bobot 50%)
|
||||||
01
|
Membaca al – quran dengan posisi badan
yang tegak.
|
|||||
02
|
Pandangan mata tertuju pada al –
quran (huruf hijaiyah).
|
|||||
03
|
Waktu membaca gunakan satu jari
untuk menunjuk bacaan huruf hijaiyah atau bisa dengan kallam.
|
|||||
04
|
Waktu membaca serius (tidak lirik
- lirik).
|
|||||
05
|
Membaca shadaqallahulazim setelah
selesai membaca al – quran.
|
|||||
·
Memulai membaca al – quran. (bobot 50%)
|
||||||
06
|
Awal membaca al – quran di mulai
dengan audzubillahiminasyaitonirozim.
|
|||||
07
|
Membaca al – quran dengan panjang
pendeknya yang jelas.
|
|||||
08
|
Waktu membaca al – quran nada arus
nyaring.
|
|||||
09
|
Lancar saat membacanya.
|
|||||
10
|
Tanda bacaan al – quran harus fasih
(lancar).
|
Keterangan :
·
5 = sangat tepat.
·
4 = bila tepat.
·
3 = bila agak tepat.
·
2 = bila tidak tepat.
·
1 = bila sangat tidak tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar