ORGANISASI ARSIKTEKTUR KOMPUTER
Sejarah Komputer
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang
telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Alat Pengolah Data digolongkan ke beberapa tipe ,Yaitu:
1. Alat Manual (Manual Device), menggunakan peralatan sederhana
300000 SM : Tulang
14000 SM : Petroglyphs (Karang)
9000 SM : Lempengan Tanah Liat
5000 SM : Tablet Tanah Liat
2600 SM : Papyrus
2500 SM : Abacus
1900 SM : Stonehenge
1200 SM : Quipus (Tali Bersimpul)
400 SM : Kulit Binatang
1150 : Kertas
1455 : Alat Cetak
1614 : Napier’s Bones
1621 : Oughtred’s Slide Rule
2. Alat Mekanik (Mechanical Device), alat mekanik
yang digerakkan secara manual dengan tangan
1623 : Mesin penghitung pertama (Wilhem Schikard,
Jerman)
1642 : Pascal’s Machine Aritmethique (Mesin penghitung otomatis pertama)
1666 : Mesin Pengali yang pertama (Sir Samuel
Morland)
1673 : Leibnitz’s Calculating Machine (Gottfried Wilhem von Leibnitz,
Jerman)
1777 : Logic Demonstrator (Mesin Logika pertama, Charles Mahon)
1804 : Jacuquard’s Loom (Mesin penenun otomatis dengan kartu plong, Joseph
Marie Jacquard,Perancis)
1820 : Mesin Penghitung Komersial Pertama (Charles Thomas de
Colmar,Inggris)
1850 : Mesin Penghitung dengan keyboard ( D.D.
Parmalee,USA)
1854 : Aljabar Boolean (George S. Boole,Inggris)
1868 : The Adder (mesin penambah ukuran saku,Web,USA)
1869 : Mesin Logika Boolean (William Jevons)
1879 : Mesin Pencatat Kas yang pertama (James Ritty,
USA)
1884 : Mesin Penghitung dengan alat cetak pertama (William S.
Burroughs,USA)
1893 : Steiger’s Millionare (Mesin penghitung
saintifik pertama, Otto Steiger,Jerman)
1911 : Monroe Calculator (Jay Monroe & Frank S. Baldwin,USA)
3. Alat Mekanik Elektronik (Electro Mechanical
Device), alat mekanik yang digerakkan dengan motor elektronik
1890 : mesin tabulasi kartu plong
mekanik-elektronik yang pertama (digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr.
Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM)
1920 : mesin penghitung otomatis pertama (mesin pengambil
keputusan,Leonardo Torres y Quevedo, Spanyol)
1931 : Komputer Analog Pertama (untuk memecahkan
permasalahan differensial,disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar
Bush,MIT)
1938 : Mesin hitung mekanik-elektronik pertama
(untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz,
Bell Laboratories)
4. Alat Elektronik (Electronic Device), alat yang
bekerja secara elektronik.
1942 : Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John
V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College)
1944 : Hardvard Mark I ASCC (melakukan operasi
aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard
University)
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer Generasi Keempat (Mulai 1970)
Komputer Generasi Kelima
Komputer Masa Depan
Definisi komputer :
komputer merupakan salah satu perangkat
elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi,
menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara
otomatis dengan aturan aturan tertentu.
Penggolongan Komputer :
Komputer
oleh beberapa profesional digolongkan dalam beberapa sudut pandangan. Ada yang
menggolongkan berdasarkan data yang diolahnya, berdasarkan pengunaannya, dan
berdasarkan ukurannya.
1. BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
1. BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
Analog
Computer
Komputer
Analog Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang
berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik, seperti arus listrik, temperatur,
kecepatan, tekanan dan lain sebagainya. Output dari komputer analog biasanya
digunakan untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Sebagai contoh,
komputer analog digunakan untuk mengatur katup guna pengontrolan aliran fluida
yang mengalir lewat pipa. Keuntungan dari kompter analog adalah kemampuannya
untuk menerima data dalam bentuk fisik dan langsung mengukur data tersebut
tanpa perlu ada pengonversian terlebih dahulu seperti komputer digital.
2. BERDASARKAN PENGUNAANNYA
Special Purpose Computer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja.
3. BERDASARKAN UKURANNYA
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja.
3. BERDASARKAN UKURANNYA
v Micro
Computerkomputer yang hanya dapat digunakan oleh satu pemakai saja untuk setiap
saat. Komputer ini biasa diletakkan di atas meja oleh karena itu komputer ini
biasa disebut Desk Computer dan harga dari komputer inipun juga terbilang murah
sehingga banyak orang yang mampu untuk membeli komputer ini, maka tak heran
jika komputer ini disebut juga sebagai Personal Computer.
v Mini
Computer komputer ini adalah komputer yang pertama kali digunakan untuk
pengendalian proses produksi, riset laboratorium, dan komunikasi data karena
komputer jenis ini bersifat multi-user yaitu komputer yang dapat digunakan
lebih dari satu pemakai karena komputer ini mempunyai terminal-terminal yang
dapat menghubungkan sampai 64 komputer mini yang lain. Oleh perusahaan yang
membuatnya, komputer ini juga digolongkan kembali berdasarkan dari kemampuannya
menjadi midi-mini computer, mini-mini computer, maxi-mini computer, dan
super-mini computer.
v
Small Computer
atau yang biasa disebut small-scale mainframe computer Small computer yang
sekarang kebanyakan menggunakan sistem multiprogramming, multiprocessing dan
virtual storage. Small Computer hampir sama dengan Mini Computer karena
bersifat multi-user namun untuk Small Computer, mempunyai terminal hingga
mencapai ratusan buah.
v
Medium Computer
atau biasa disebut juga dengan medium-scale mainframe computer. Medium Computer
mempunyai bermacam-macam alat input atau output yang dapat digunakan untuk
komunikasi data.
v Large
Computer atau bisa juga disebut dengan mainframe computer karena mempunyai
bentuk yang besar seperti lemari. Komputer jenis ini digunakan pada
perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai
ratusan kantor cabang yang tersebar diseluruh dunia. Komputer jenis ini juga
mengenal sistem time sharing yang memungkinkan ratusan pemakai dapat
menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing.
DATA
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti
bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa
berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun
simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat
lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
Analog
sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi
dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting
yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi.
digital
merupakan data yang
memiliki deretan nilai-nilai yang berlainan dan memiliki ciri-ciri tersendiri,
salah satu contoh data digital adalah text, bilangan bulat dan
karakter-karakter lain. Tetapi permasalahnya adalah bahwa data dalam bentuk
karakter-karakter dapat dipahami manusia tersebut tidak dapat langsung
ditransmisikan dengan mudah dalam system komunikasi, data terlebih dahulu
dirubah ke dalam bentuk biner, jadi suatu data digital akan ditrasnmisikan
dalam deretan bit :
Ø Bit
satuan paling dasar dalam jaringan komputer,
atau bagian dalam komputer. Pada dasarnyabilangan bit merupakan perwakilan
aliran listrik, yakni hanya ada 2 saja yaitu 1 dan 0, yang bisadisebut 1 = ada
listrik dan 0 = tidak ada listrik.
adalah
susunan bilangan yang mempunyai basis 2 sebab sistem bilangan ini menggunakan
dua nilai koefisien yang mungkin yaitu 0 dan 1.
Ø Byte
Sebuah Byte adalah sama dengan 8 Bits. Sebuah Byte bisa mewakili 256 negara
bagianinformasi, misalnya, angka atau kombinasi angka dan huruf. 1 Byte bisa
sama dengan satukarakter. 10 Bytes bisa jadi setara dengan sebuah kata. 100
Bytes akan sama dengan kalimatrata-rata
Ø ASC II (American Standard Code for Information Interchange)
adalah
standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang
merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang
digunakan oleh komputer.
Ø File system
merupakan
struktur logika yangdigunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada
pada disk. File system menyediakan mekanisme untuk penyimpanan data dan program
yang dimiliki oleh system operasi serta seluruh pengguna dari system komputer.
File system terdiri dari dua bagian :
1. kumpulan file yang masing-masing menyimpan data-data yang berhubungan
2. struktur direktori yang mengorganisasi dan menyediakan informasi mengenai seluruh file dalam system
Masing-masing system operasi menggunakan cara yang berbeda dalam mengatur dan mengendalikan akses data dalam disk. Cara pengaturan dan pengendalian ini tidak tergantung pada spesifikasi dari perangkat keras. Misalnya suatu harddisk dengan spesifikasi yang sama dapat menggunakan file system yang berbeda.
1. kumpulan file yang masing-masing menyimpan data-data yang berhubungan
2. struktur direktori yang mengorganisasi dan menyediakan informasi mengenai seluruh file dalam system
Masing-masing system operasi menggunakan cara yang berbeda dalam mengatur dan mengendalikan akses data dalam disk. Cara pengaturan dan pengendalian ini tidak tergantung pada spesifikasi dari perangkat keras. Misalnya suatu harddisk dengan spesifikasi yang sama dapat menggunakan file system yang berbeda.
Sistem
bilangan :
·
desimal/persepuluhan
adalah sistem
bilangan yang menggunakan 10 macam angka dari 0,1, sampai 9. Setelah
angka 9, angka berikutnya adalah 1 0, 1 1, dan seterusnya (posisi di angka 9
diganti dengan angka 0, 1, 2, .. 9 lagi, tetapi angka di depannya dinaikkan
menjadi 1).
·
biner
atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem
penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0
dan 1.
1 Byte = 8 bit.
·
20=1
·
21=2
·
22=4
·
23=8
·
24=16
·
25=32
·
26=64
·
Heksadesimal
atau sistem bilangan basis 16
adalah sebuah sistem
bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan desimal, simbol yang
digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol
lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F.
·
Oktal
atau sistem bilangan basis 8
adalah sebuah sistem
bilangan berbasis delapan. Simbol yang digunakan pada sistem ini
adalah 0,1,2,3,4,5,6,7. Konversi Sistem Bilangan Oktal berasal dari Sistem bilangan biner yang dikelompokkan
tiap tiga bit biner dari ujung paling kanan (LSB atau Least Significant Bit).
Sandi 8421
adalah
salah satu diantara sekian banyak sandi yang dinamakan desimal bersandi biner
(binary coded desimal = BCD). Terdapat sejumlah besar sandi semacam itu. Pada
umumnya, sandi BCD adalah suatu sandi dengan masing – masing angka biner. Untuk
pengkodean ini dapat digunakan kelompok angka biner. Untuk pengkodean ini dapat
digunakan kelompok 4 – bit, 5 – bit, 6 – bit dan seterusnya. Sandi 8421 merupakan
sandi basis campuran, sandi ini adalah biner dalam kelompok 4 bitnya, namun
sandi ini adalah desimal dari kelompok. Karena sandi 8421
merupakan jenis sandi BCD yang paling mendasar, maka sering disebut sebagai BCD
saja tanpa penjelasan lain. Dengan perkataan lain dengan menyatakan sandi BCD
berarti yang dimaksudkan adalah sandi 8421. Sandi 8421 menyatakan masing –
masing desimal dengan ekivalen biner 4 – bitnya. Sebagai contoh, bilangan
desimal 429 diubah ke dalam sebuah ekivalen binernya sebagai berikut:
4
2
9
↓
↓ ↓
0100
0010 1001
sandi 8421
|
Bit Tambahan
|
0000
|
0
|
0001
|
1
|
0010
|
1
|
0011
|
0
|
0100
|
1
|
0101
|
0
|
0110
|
0
|
0111
|
1
|
1000
|
1
|
1001
|
0
|
·
Boolean
adalah struktur aljabar yang
"mencakup intisari" operasi logika AND,
OR
dan NOR
dan juga teori himpunan untuk operasi union, interseksi
dan komplemen.
Boolean adalah suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai. Yaitu true atau
false (benar atau salah). tipe data boolean pada C
bool my_variable = true;
if (my_variable) {
printf("True!\1");
} else {
printf("False!\0");
}
·
Encoder
adalah
rangkaian yang memiliki fungsi berkebalikan dengan dekoder. Encoder berfungsi
sebagai rangakain untuk mengkodekan data input mejadi data bilangan
·
ALU
Adalah
salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor
yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika
dan logika.
Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai
dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi
perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu:
a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)
ALGORITMA PEMROGAMAN I
Dosen : pa aji
32 KEYWORD BAHASA C !!
Auto: Keyword "auto"
digunakan untuk membuat variabel lokal. Namun demikian keyword ini jarang
dipakai.
Break: Keyword "break"
digunakan untuk keluar dari do, for atau loop while dengan melewati kondisi
loop yang normal.. Keyword ini juga digunakan untuk keluar dari perintah
"switch".
Switch : Perintah
"switch" adalah bagian dari beberapa perintah yang ada pada C.
Perintah ini igunakan untuk pembuatan rute satu dengan beberapa cara yang
berbeda. Berikut ini dalah bentuk yang biasa dibentuk dipakai pada perintah
"switch". Tiap keberhasilan erintah dapat berasal dari satu perintah
sampai beberapa perintah, panjang porsi default" dapat dipakai.
"switch" akan bekerja dengan pengontrolan "control-var"
terhadap konstanta. Jika telah diketemukan suatu keserasian, maka pelaksanaan
perintah tersebut akan berhasil. Jika urutan perintah yang berhubungan dengan
"case" yang sesuai dengan nilai dari "control-var" yang
tidak berisi "break", maka suatu eksekusi perintah akan berlanjut
pada "case" berikutnya. Letakkan secara berbeda, mulai dari tempat
yang sesuai, maka eksekusi akan terus berjalan sampai perintah
"break" ditemukan, atau "switch" berakhir. Jika tidak
ditemukan keserasian "case default" maka perintah tidak akan berhasil
dilaksanakan. Hal ini akan menyebabkan tidak ada aksi yang berlangsung.
Case: Lihat pada "switch".
Char: Keyword "char" adalah tipe data yang digunakan untuk
membuat karakter variasi
Const: Coonst berasal dari kata “constant” Modifier "const" akan
mengatakan pada compiler ahwa variabel yang mengikuti tidak dapat dimodifikasi.
Namun demikian saat ideklarasikan variabe "const" dapat diberi nilai
awal
Continue: Keyword "continue" digunakan untuk menyediakan porsi
code pada suatu loop dan memaksa "conditional test" untuk
ditampilkan.
Default: keyword "default" digunakan pada perintah
"switch" yang memberi tanda default block ari code yang akan dibuat
jika tidak ada kecocokan pada "switch".\
Do: Loop "do" adalah salah satu dari tiga konstruksi loop yang
ada pada C.Jika hanya satu perintah yang diulang, maka tanda kurung tidak
diperlukan. Tanda kurung disini hanya memperjelas suatu perintah. Loop
"do" adalah satu-satunya loop dalam C yang selalu minimal satu
iterasi, sebab suatu kondisi akan diuji pada bagian bawah loop. Loop
"do", biasanya dipakai untuk membaca file disk
Double: "double" adalah suatu penentu tipe data yang digunakan
untuk membuat "double- precision" variabel
"floating-point".
If: Adalah suatu fungsi yang mendeklarasikan sebuah persyaratan. Jika
persyaratan itu tidak terpenuhi maka perintah tidak akan dijalankan atau
menjalankan perintah “else”
else: Adalah suatu fungsi yang digunakan sebagai alternatif dalam fungsi
“if”
Enum: Secifier tipe "enum" digunakan untuk membuat tipe enumerasi
(enumera-tion). Enumerasi adalah suatu daftar yang sederhana dari konstanta
integer yang diberi nama. Oleh sebab itu, tipe enumerasi ini menentukan apa
yang dibandingkan dalam daftar tersebut.
Extern: "extern" adalah tipe data modifier yang digunakan untuk
memberitahu compiler bahwa suatu variabel telah dibuat di lain tempat di dalam
program. Tipe ini sering digunakan pada kata penghubung dengan susunan file
terpisah yang memperlakukan data global yang sama serta digabungkan bersama.
Pada dasarnya, "extern" ini memberitahu compiler tentang tipe
variabel tanpa harus membuat variabel itu sendiri.
Float: “float" adalah tipe data specifier yang digunakan untuk membuat
variabel floating-point.
For : Loop "for" memungkinkan pemberian huruf awal dan kenaikan
secara otomatis dari variabel counter.
Goto: Keyword "goto" akan menyebabkan pembuatan program
"melompat" pada label yang ditentukan dengan perintah
"goto"
int: "int" adalah tipe specifier yang digunakan untuk membuat
variabel integer.
Long: "long" adalah tipe data modifier yang digunakan untuk
membuat variabel integer menjadi "double-length".
Register: "register" adalah modifier tempat penyimpanan yang
digunakan untuk meminta agar suatu pemasukan pada variabel dioptimalkan
kecepatannya. Secara tradisional, "register" hanya dapat digunakan
pada variabel integer dan karakter, "register" tersebut menyebabkan
variabel-variabel tersebut disimpan dalam register CPU sebagai pengganti dari
ditempatkannya pada memori. Standar ANSIC telah diperluas definisinya agar
dapat memasukkan semua tipe data. Namun demikian data selain integer dan
karakter, biasanya tak dapat disimpan dalam CPU register. Untuk tipe data yang
lain, baik berupa cache memory (atau semacam jenis peng-optimal-an scheme) akan
dipakai yang kemudian meminta "register" untuk
disimpan."register" hanya dapat digunakan pada variabel lokal.
Return: Perintah "return" akan memaksa suatu pengembalian dari
fungsi dan dapat digunakan untuk mentransfer kembali suatu angka pada rutin
pemanggilan.
Short: "short" adalah modifier tipe data yang digunakan untuk
mendeklarasikan integer pendek.
Signed: Tipe modifier "signed" digunakan untuk menentukan suatu
tipe data "signec char".
Sizeof: Operator pengaturan waktu "sizeof' akan mengembalikan panjang
variabeL tipe yang mendahuluinya. Jika yang mendahului adalah suatu variabel
maka tanda kurung bersifat optional (boleh dipakai)
Static: Type data modifier "static" digunakan untuk menyuruh
compiler agar membuat tempat penyimpanan yang permanen untuk variabel lokal
yang mendahuluinya. Hal ini memungkinkan suatu variabel yang telah ditentukan
mempertahankan nilainya antara panggilan fungsi.
Struct: Keyword "struct"
digunakan untuk membuat variabel komplek atau konglomerat, yang disebut
"structure", yang terbuat dari satu elemen atau lebih
Typedef: keyword typedef berguna
untuk membuat alias dari suatu tipe data
Union: Union digunakan untuk
menunjukkan dua variabel atau lebih pada lokasi memori yang sama.
Unsigned: "unsigned"
adalah tipe data modifier yang memerintahkan compiler untul< menghapus tanda
bit dari suatu integer dan menggunakan seluruh bit untuk keperluar arithmetic.
Hal semacam ini menyebabkan ukuran integer terbesar menjadi dobel tapi hanya
terbatas pada angka-angka positif saja.
Void: Tipe specifier
"void" pada pokoknya digunakan untuk secara jelas mendeklarasikan
fungsi yang tidak mengembalikan suatu nilai (dalam arti penuh), tipe ini juga
digunakan untuk membuat pointer "void" (pointer pada
"void"), yaitu pointer generic yang dapat menunjukkan beberapa tipe
object.
Volatile: Modifier
"volatile" digunakan untuk memberitahu Compiler
bahwa suatu variabel mungkin telah mempunyai suatu isi yang telah dipilih
dengan cara yang tidak ditentukan oleh suatu program. Contoh, variabel-variabel
yang diubah dengan hardware seperti "realtime
clock", 'Interrupt" atau input-input yang
lain, harus dinyatakan sebagai volatile.
While: Adalah suatu loop. Jika
suatu perintah tunggal adalah object dari "while", maka tanda kurung
dapat dihilangkan, "while" akan menguji kondisinya pada bagian atas
suatu loop. Oleh sebab itu jika kondisinya salah untuk memulai,maka loop tidak
akan berjalan, meskipun hanya sekali. Kondisi tersebut mungkin dapat berupa
suatu ekspresi.
Prioritas Operator dalam Programming C
dalam bahasa C terdapat operator
yang prioritas untuk melakukan pengerjaan dalam program, yang mempunyai
prioritas tinggi akan lebih diutamakan dibandingkan dengan yang mempunyai
prioritas lebih rendah
Tertinggi
++ --
- (unary minus)
* / %
terendah
+ -
jika
operator memiliki prioritas sama. operator yang terletak disebelah kiri akan
diutaman untuk dikerjakan terlebih dahulu contohnya:
(1)
x = 2 + 3 * 2;
pernyataan
ini akan memberikan nilai 8 kepada x, disebabkan 3 * 2 yang dikerjakan terlebih
dahulu ( karena * mempunyai prioritas lebih tinggi dari pada +), pernyataan
diatas identik dengan
x = 2 + (3*2);
(2)
x = 2 * 3 % 2;
operator
* dan % mempunyai prioritas yang sama namun karena yang terletak disebelah kiri
adalah *, maka 2 * 3 akan dikerjakan terlebih dahulu, dengan demikian
pernyataan ini identik dengan
x =
(2 * 3) % 2;
untuk
mengubah pengerjaan tanda kurung bisa digunakan contoh
x =
(2 + 3) * 2;
akan
memberi nilai 10 kepada x karena 2 + 3 dikerjakan terlebih dahulu dan hasilnya
baru dikalikan dengan 2.
Operator dalam Bahasa C
Sebelum mengenal operator, kita
harus tahu apa itu operasi. Operasi adalah suatu proses yang dikerjakan oleh
program untuk melakukan tindakan tertentu pada suatu nilai. Operasi selalu
melibatkan operand dan operator. Operand adalah suatu nilai yang dioperasikan
sedangkan operator sebagai pelaku operasi tersebut. Yang akan coba aku jelaskan
di sini adalah mengenai operator dalam bahasa C.
Operator dalam bahasa C memiliki hirarki (tingkatan) prioritas di pengerjaannya dalam sebuah program. Aku akan jelaskan mulai dari hirarki tertinggi. Artinya mulai dari operator yang paling diprioritaskan oleh program.
1. Operator Tanda Kurung => ( )
Operator ini mengelompokkan proses operasi yang dikerjakan terlebih dahulu. Sama halnya dengan tanda kurung pada operasi matematika biasa. Namun berbeda dengan kurung siku ([ ]), kurung siku digunakan untuk menyatakan array.
2. Operator Unary => !, ~, -, ++, --, &, *
! : Operasi negasi (kebalikan).
~ : Negasi pada bitwise (berhubungan dengan bilangan biner).
- : Menyatakan nilai negatif.
++ : Increment (penambahan). Operand ditambah dengan angka 1.
-- : Decrement (pengurangan). Operand dikurang dengan angka 1.
& : Digunakan untuk mengetahui alamat memori suatu variabel.
* : Digunakan untuk mengetahui nilai suatu pointer pada alamat memori.
3. Operator Aritmatika => *, /, %, +, -
* : Digunakan untuk operasi perkalian.
/ : Digunakan untuk operasi pembagian.
+ : Digunakan untuk operasi penjumlahan.
- : Digunakan untuk operasi pengurangan.
% : Digunakan untuk operasi modulus (sisa pembagian).
4. Operator Bitwise => >>, << Operator ini digunakan untuk memanipulasi nilai bit. Contoh: 9>>2 hasilnya adalah 2. Bagaimana bisa begitu? Mari kita lihat pengoperasiannya dalam bilangan biner.
9 => 0000000000001001
9>>2 maksudnya nilai biner pada angka 9 digeser 2 digit ke kanan.
2 digit 0 ditambahkan di sebelah kiri (00)=> 00000000000010(01) => 2 digit sebelah kanan dihilangkan ,hasilnya: 0000000000000010 => ini adalah angka biner dari 2
Jika kamu bingung, mungkin kamu perlu belajar cara mengkonversikan angka desimal ke biner dan sebaliknya.
5. Operator Perbandingan => >, <, >=, <= Operator ini berhubungan dengan penentuan nilai TRUE dan FALSE. > : lebih besar dari
< : lebih kecil dari >= : lebih besar dari atau sama dengan
<= : lebih kecil dari atau sama dengan
Operator dalam bahasa C memiliki hirarki (tingkatan) prioritas di pengerjaannya dalam sebuah program. Aku akan jelaskan mulai dari hirarki tertinggi. Artinya mulai dari operator yang paling diprioritaskan oleh program.
1. Operator Tanda Kurung => ( )
Operator ini mengelompokkan proses operasi yang dikerjakan terlebih dahulu. Sama halnya dengan tanda kurung pada operasi matematika biasa. Namun berbeda dengan kurung siku ([ ]), kurung siku digunakan untuk menyatakan array.
2. Operator Unary => !, ~, -, ++, --, &, *
! : Operasi negasi (kebalikan).
~ : Negasi pada bitwise (berhubungan dengan bilangan biner).
- : Menyatakan nilai negatif.
++ : Increment (penambahan). Operand ditambah dengan angka 1.
-- : Decrement (pengurangan). Operand dikurang dengan angka 1.
& : Digunakan untuk mengetahui alamat memori suatu variabel.
* : Digunakan untuk mengetahui nilai suatu pointer pada alamat memori.
3. Operator Aritmatika => *, /, %, +, -
* : Digunakan untuk operasi perkalian.
/ : Digunakan untuk operasi pembagian.
+ : Digunakan untuk operasi penjumlahan.
- : Digunakan untuk operasi pengurangan.
% : Digunakan untuk operasi modulus (sisa pembagian).
4. Operator Bitwise => >>, << Operator ini digunakan untuk memanipulasi nilai bit. Contoh: 9>>2 hasilnya adalah 2. Bagaimana bisa begitu? Mari kita lihat pengoperasiannya dalam bilangan biner.
9 => 0000000000001001
9>>2 maksudnya nilai biner pada angka 9 digeser 2 digit ke kanan.
2 digit 0 ditambahkan di sebelah kiri (00)=> 00000000000010(01) => 2 digit sebelah kanan dihilangkan ,hasilnya: 0000000000000010 => ini adalah angka biner dari 2
Jika kamu bingung, mungkin kamu perlu belajar cara mengkonversikan angka desimal ke biner dan sebaliknya.
5. Operator Perbandingan => >, <, >=, <= Operator ini berhubungan dengan penentuan nilai TRUE dan FALSE. > : lebih besar dari
< : lebih kecil dari >= : lebih besar dari atau sama dengan
<= : lebih kecil dari atau sama dengan
6. Operator Persamaan dan pertidaksamaan => ==, !=
Operator ini juga berhubungan dengan penentuan nilai TRUE dan FALSE
== : sama dengan
!= : tidak sama dengan
7. Operator Logika => &&, ||
Operator ini digunakan dalam pengkondisian/if.
&& : and (dan)
|| : or (atau)
8. Operator Assigment
= : sama dengan
*= : nilai operand 1 di awal dikalikan dengan nilai operand 2
+= : nilai operand 1 di awal dijumlahkan dengan nilai operand 2
-= : nilai operand 1 di awal dikurangi dengan nilai operand 2
Biar ga bingung akan coba kuberi contoh:
Misalnya dalam program kita menginisialisasikan variabel a=7. Ini artinya variabel a diisi dengan angka 7.
int a=7; => Ini berarti variabel a sekarang bernilai 7.
a*=2; => Operasi ini sama halnya dengan operasi a=a*2. Cara mengoperasikannya adalah a=7*2. Jadi nilai a sekarang adalah 14.
Operator ini juga berhubungan dengan penentuan nilai TRUE dan FALSE
== : sama dengan
!= : tidak sama dengan
7. Operator Logika => &&, ||
Operator ini digunakan dalam pengkondisian/if.
&& : and (dan)
|| : or (atau)
8. Operator Assigment
= : sama dengan
*= : nilai operand 1 di awal dikalikan dengan nilai operand 2
+= : nilai operand 1 di awal dijumlahkan dengan nilai operand 2
-= : nilai operand 1 di awal dikurangi dengan nilai operand 2
Biar ga bingung akan coba kuberi contoh:
Misalnya dalam program kita menginisialisasikan variabel a=7. Ini artinya variabel a diisi dengan angka 7.
int a=7; => Ini berarti variabel a sekarang bernilai 7.
a*=2; => Operasi ini sama halnya dengan operasi a=a*2. Cara mengoperasikannya adalah a=7*2. Jadi nilai a sekarang adalah 14.
PENGANTAR
SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI
MACHINE CYCLE ( SIKLUS MESIN ) :
Fetch :
Arti kata fetch dalam bahasa Indonesia adalah menjemput. Sebagai salah satu operasi yang terjadi pada CPU, fetch merupakan peristiwa pengambilan perintah dan data yang diperlukan.
Fetch merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU. Istilah fetch ini disebut juga dengan instruction fetch, fetch phase, fetch cycle, atau instruction cycle. Operasi fetch ini selalu yang pertama dilakukan oleh CPU terutama untuk mendapatkan informasi atau data tentang instruksi yang dikerjakannya.
Pertama kali yang dilakukan mengambil instruksi dan data dari luar chip, biasanya dari DRAM. Misalnya perintah matematika sederhana untuk penambahan bilangan. Dalam beberapa kasus, data yang digunakan oleh suatu instruksi sudah termasuk di dalamnya, sedangkan dalam beberapa kasus lain, suatu instruksi langsung menunjukkan alamat dimana data yang akan diproses berada. Lokasi dimana alamat data yang akan diproses berada tersebut dengan address. Jadi dalam perintah penambahan, yaitu “add” bisa langsung berupa nilai dari dua bilangan yang akan ditambahkan atau alamat dimana nilai x dan nilai y berada, yang disebut dengan address x dan address y.
Sebuah instruksi sebenarnya terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama merupakan aksi yang akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah data yang akan dikerjakan yang disebut dengan operand. Dalam contoh instruksi matematika untuk penambahan bilangan tadi, penambahan sendiri instruksinya adalah add, inilah yang disebut dengan opcode. Sedangkan address yang menunjukkan alamat dari nilai x dan nilai y, yang disebut dengan address x dan address y disebut dengan operand.
Fetch adalah rangkaian aksi yang terjadi pada sebuah CPU dalam menjalankan setiap perintah dalam bahasa mesin pada sebuah program.
Yang terjadi pada fetch ini adalah peristiwa pengambilan instruksi melalui bus yang ditunjukkan oleh bus address. Ketika bus address menunjukkan alamatnya, maka instruksi diambil berdasarkan alamat tersebut, sedangkan instruksinya dikirimkan melalui bus data.
Decode :
Menurut Saya pak Dwi, begini Decode dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Pembacaan sandi. Adalah suatu metoda pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk data aslinya.
Pada CPU, merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan oleh komputer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah pada bagian decode ini yang berfungsi untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan bagian chip mana pada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksi tersebut.
Beberapa chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tidak langsung memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebut berada.
Arti kata fetch dalam bahasa Indonesia adalah menjemput. Sebagai salah satu operasi yang terjadi pada CPU, fetch merupakan peristiwa pengambilan perintah dan data yang diperlukan.
Fetch merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU. Istilah fetch ini disebut juga dengan instruction fetch, fetch phase, fetch cycle, atau instruction cycle. Operasi fetch ini selalu yang pertama dilakukan oleh CPU terutama untuk mendapatkan informasi atau data tentang instruksi yang dikerjakannya.
Pertama kali yang dilakukan mengambil instruksi dan data dari luar chip, biasanya dari DRAM. Misalnya perintah matematika sederhana untuk penambahan bilangan. Dalam beberapa kasus, data yang digunakan oleh suatu instruksi sudah termasuk di dalamnya, sedangkan dalam beberapa kasus lain, suatu instruksi langsung menunjukkan alamat dimana data yang akan diproses berada. Lokasi dimana alamat data yang akan diproses berada tersebut dengan address. Jadi dalam perintah penambahan, yaitu “add” bisa langsung berupa nilai dari dua bilangan yang akan ditambahkan atau alamat dimana nilai x dan nilai y berada, yang disebut dengan address x dan address y.
Sebuah instruksi sebenarnya terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama merupakan aksi yang akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah data yang akan dikerjakan yang disebut dengan operand. Dalam contoh instruksi matematika untuk penambahan bilangan tadi, penambahan sendiri instruksinya adalah add, inilah yang disebut dengan opcode. Sedangkan address yang menunjukkan alamat dari nilai x dan nilai y, yang disebut dengan address x dan address y disebut dengan operand.
Fetch adalah rangkaian aksi yang terjadi pada sebuah CPU dalam menjalankan setiap perintah dalam bahasa mesin pada sebuah program.
Yang terjadi pada fetch ini adalah peristiwa pengambilan instruksi melalui bus yang ditunjukkan oleh bus address. Ketika bus address menunjukkan alamatnya, maka instruksi diambil berdasarkan alamat tersebut, sedangkan instruksinya dikirimkan melalui bus data.
Decode :
Menurut Saya pak Dwi, begini Decode dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Pembacaan sandi. Adalah suatu metoda pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk data aslinya.
Pada CPU, merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan oleh komputer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah pada bagian decode ini yang berfungsi untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan bagian chip mana pada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksi tersebut.
Beberapa chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tidak langsung memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebut berada.
Execute :
Execute, Eksekusi. Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer. Eksekusi Program yang berarti sistem operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan program dengan mengambil instruksi beserta data yang diperlukan oleh program tersebut, lalu menempatkannya pada memori, dan melaksanakan perintah yang ada pada program
Execute, Eksekusi. Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer. Eksekusi Program yang berarti sistem operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan program dengan mengambil instruksi beserta data yang diperlukan oleh program tersebut, lalu menempatkannya pada memori, dan melaksanakan perintah yang ada pada program
Store :
Merupakan salah satu tahapan untuk melaksanakan suatu perintah pada CPU. Perintah yang diberikan ke komputer tidak hanya bagaimana perintah itu dilaksanakan oleh komputer, melainkan juga kemana hasil perintah tersebut ditempatkan.
Jika sebuah instruksi bersifat iterative, sebagai contoh penambahan dua bilangan, kemudian tambahkan lagi bilangan lainnya ke jumlah yang sebelumnya. Di sini, instruksi akan memberitahu CPU untuk menempatkan hasil penamabahan yang pertama dalam sebuah tempat khusus sementara yang terdapat pada chip yang disebut dengan register, sampai data tersebut dibutuhkan kembali. Karena register ini berlokasi pada satu chip dengan rangkaian ALU, maka proses pengambilan data kembali akan berlangsung sangat cepat. Sedangkan sebagai alternatif, jika data tersebut tidak digunakan segera maka data akan disimpan di memori (pemanggilan data cepat) atau pada disk (pemanggilan data sangat lambat).
Merupakan salah satu tahapan untuk melaksanakan suatu perintah pada CPU. Perintah yang diberikan ke komputer tidak hanya bagaimana perintah itu dilaksanakan oleh komputer, melainkan juga kemana hasil perintah tersebut ditempatkan.
Jika sebuah instruksi bersifat iterative, sebagai contoh penambahan dua bilangan, kemudian tambahkan lagi bilangan lainnya ke jumlah yang sebelumnya. Di sini, instruksi akan memberitahu CPU untuk menempatkan hasil penamabahan yang pertama dalam sebuah tempat khusus sementara yang terdapat pada chip yang disebut dengan register, sampai data tersebut dibutuhkan kembali. Karena register ini berlokasi pada satu chip dengan rangkaian ALU, maka proses pengambilan data kembali akan berlangsung sangat cepat. Sedangkan sebagai alternatif, jika data tersebut tidak digunakan segera maka data akan disimpan di memori (pemanggilan data cepat) atau pada disk (pemanggilan data sangat lambat).
Communication device :
v Communications
Device: Hardware yang tersambung dengan chanel komunikasi ke RSView32 station.
v Communications
Channel: Link yang mengirim data antara RSView32 station dan satu atau lebih
prosessor pada sebuah jaringan.
v Node: Physical
device, seperti processor, bridge module, atau komputer, pada sebuah jaringan
komunikasi.
v Communications
Driver: Software interface untuk hardware device yang mengenable RSView32
station, atau komputer yang menjalankan RSView32 project, untuk berkomunikasi
dengan SLC 500 processor.
v RSView32
software menggunakan RSLinx communications driver untuk berkomunikasi dengan
devices yang lain pada jaringan melalui koneksi berikut:
1.
Direct: Digunakan untuk menghubungkan RSView32 station ke SLC 500
processor pada network yang sama.
2.
OLE for Process Control (OPC): Digunakan untuk menghubungkan
RSView32 station ke communications devices melalui vendor-specific OPC servers.
3.
Dynamic Data Exchange (DDE): Digunakan untuk menghubungkan RSView32
station ke communications devices via external DDE servers atau third-party
servers yang lain.
FAKTOR PENENTU
KEMAMPUAN PROSESOR :
* Sytem Clock
jam sistem
n 1: a waktu dari jam-jam di sebuah sistem komputer
2: sebuah perangkat elektronik di komputer yang isu-isu yang stabil
tinggi frekuensi sinyal yang synchronizes semua internal
komponen
* Bus Width
bus adalah saluran di mana arus informasi. Semakin lebar bus, semakin banyak informasi yang dapat mengalir melalui saluran, seperti halnya jalan raya yang lebih luas dapat membawa mobil lebih dari satu sempit. Bus ISA asli pada PC IBM adalah 8 bit luas; ISA bus universal digunakan sekarang adalah 16 bit. Lain I / O bus (termasuk VLB dan PCI) adalah 32 bit. Bus memori dan prosesor pada Pentium dan PC yang lebih tinggi 64 bit. Lebar bus alamat dapat ditentukan secara independen dari lebar data bus. Lebar bus alamat menentukan berapa banyak lokasi memori yang berbeda yang bus dapat mentransfer informasi ke atau dari.
- I/O bus
Pembacaan port I/O.
- Data Bus
Bus data. Jalur yang berfungsi untuk menyalurkan data dari suatu bagian ke bagian lainnya. Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port.
Banyak perangkat pada sistem yang dicantolkan ke bus data tapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya. Untuk mengatur ini, perangkat harus mempunyai tiga state (tristate) agar dapat dipasang pada bus data.
* Word Size
Ukuran ukuran yang diinginkan Kata komputer untuk memindahkan unit informasi seputar; teknis itu lebar dari register prosesor , yang merupakan daerah memegang prosesor, gunakan untuk melakukan aritmatika dan perhitungan logis. Ketika orang menulis tentang komputer memiliki ukuran bit (menyebut mereka, berkata, "32-bit" atau "64-bit" komputer), ini adalah apa yang mereka maksud.
* Sytem Clock
jam sistem
n 1: a waktu dari jam-jam di sebuah sistem komputer
2: sebuah perangkat elektronik di komputer yang isu-isu yang stabil
tinggi frekuensi sinyal yang synchronizes semua internal
komponen
* Bus Width
bus adalah saluran di mana arus informasi. Semakin lebar bus, semakin banyak informasi yang dapat mengalir melalui saluran, seperti halnya jalan raya yang lebih luas dapat membawa mobil lebih dari satu sempit. Bus ISA asli pada PC IBM adalah 8 bit luas; ISA bus universal digunakan sekarang adalah 16 bit. Lain I / O bus (termasuk VLB dan PCI) adalah 32 bit. Bus memori dan prosesor pada Pentium dan PC yang lebih tinggi 64 bit. Lebar bus alamat dapat ditentukan secara independen dari lebar data bus. Lebar bus alamat menentukan berapa banyak lokasi memori yang berbeda yang bus dapat mentransfer informasi ke atau dari.
- I/O bus
Pembacaan port I/O.
- Data Bus
Bus data. Jalur yang berfungsi untuk menyalurkan data dari suatu bagian ke bagian lainnya. Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port.
Banyak perangkat pada sistem yang dicantolkan ke bus data tapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya. Untuk mengatur ini, perangkat harus mempunyai tiga state (tristate) agar dapat dipasang pada bus data.
* Word Size
Ukuran ukuran yang diinginkan Kata komputer untuk memindahkan unit informasi seputar; teknis itu lebar dari register prosesor , yang merupakan daerah memegang prosesor, gunakan untuk melakukan aritmatika dan perhitungan logis. Ketika orang menulis tentang komputer memiliki ukuran bit (menyebut mereka, berkata, "32-bit" atau "64-bit" komputer), ini adalah apa yang mereka maksud.
32 keyword dalam C
Ada 32 katakunci
jika dikombinasikan dengan sintak formal dalam bahasa c
forma, Bentuk Bahasa C
didefinisikan oleh ANSI C. Sebagai
catatan ada 5
katakunci baru yang di kenalkan dalam compiler C9X.
Seluruh katakunci
menggunakan huruf KECIL.
Dalam C, huruf
besar dan kecil
adalah
dibedakan, missal, katakunci
else, adalah berbeda
dengan ELSE.
Katakuncinya sebagai berikut :
auto double int struct
break else long switch
case enum register typedef
char extern return union
const float short unsigned
continue for signed void
default goto sizeof volatile
do if static while
auto
auto dipakai untuk membuat variable sementara/temporere yang di
ciptakan
atas entry ke dalam blok dan akan dihancurkan saat keluar program,
missal :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
int main(void)
{
for(; ;)
{
if (getche() == 'a')
{
auto int t;
for (t=0;
t<'a'; t++)
printf("%d ", t);
break;
}
}
return 0;
}
Dalam contoh ini, variable t di buat hanya dalam blok if, pengguna menekan suatu tombol huruf
.a.. Diluar blok if,
t tidak akan diketahui oleh
program, dan setiap diacu akan
menyebabkan
wijanarto referensi 2010
error saat kompilasi. Penggunaan auto sifatnya opsional
karena seluruh variable
local adalah
berupa auto secara default.
break
break dipakai untuk
keluar dari loop do, for,
atau while, dalam kondisi
suatu perulangan yang normal.
Dia juga dapat di
pakai untuk keluar dari
statemen switch, contoh :
while (x < 100)
{
x = get_new_x();
if (kbhit()) break; /* tombol keyboard ditekan */
process(x);
}
saat ada penekanan
tombol keyboard, loop
akan selesai tidak
peduli
terhadap nilai x
berapa. Dalam statemen
switch, break secara
efective
menjaga eksekusi program dari pembacaan case selanjutnya.
case
Lihat bagian switch.
char
char merupakan tipe data variable karakters. Missal untuk mendeklarasikan ch sebagai tpe
karakter adalah sebagai berikut :
char ch;
Dalam C,suatu karakter
mempunyai lebar 1 byte.
Artinya jika anda akan
mengassign variable bertipe
char yang lebih
dari 1 byte
, maka hanya
karakter pertama yang akan di assign dan sisanya tidak dipakai.
const
Peubah const menmberi tahukan pada compiler bahwa isi dari variable
tidak dapat berubah. Juga
menjaga suatu fungsi
untuk memodifikasi object
yang ditunjuk ke
suatu argument, cara
deklarasinya adalah :
const int pass = 65;
continue
continue dipakai untuk
mengirimkan bagian dari
kode dalam loop
dan
memaksa ekspresi kondisional untuk di evaluasi.
Missal contoh dibawah ini
akan memaca karakter dari keyboard hanya untuk karakter M atau F :
wijanarto referensi 2010
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <ctype.h>
int main(void)
{
char gender;
while (gender = getche())
{
gender =
toupper(gender);
if (gender != 'M'
&& gender != 'F' )
{
printf("Incorrect gender, please type again\n");
continue;
}
break;
}
return 0;
}
default
default dipakai dalam statemen switch untuk member
sinyal bahwa blok
default akan di eksekusi jika tidak ada statemen yang benar dalam
kondisi
switch. Lihat bagian switch.
do
loop do adalah salah satu dari 3 loop yang ada dalam bahasa C.
Bentuk umum dari loop adalah :
do
{
statement block
} while (condition);
Jika hanya satu statemen, maka kurung kurawal boleh tidak dipakai,
loop ini
akan mengulang selama kondisi bernilai benar. Loop do merupakan salah
satu loop dalam C yang selalu setidaknya mengeksekusi satu iterasi
karena
kondisi di periksa di bawah loop. Loop ini biasa dipakai dalam
membaca file
dari disk, seperti contoh dibawah ini :
do
{
ch = getc(fp);
if (!eof(fp))
printf("%c", ch);
}while (!eof(fp));
double
double merupakan tipe data untuk mendeklarasikan vaiabel dengan
double-
precision floating-point. Biasa dipakai dalam perhitungan
matematika. Untuk
mendeklarasikan d menjadi
bertipe double kita harus menulis kode seperti
berikut :
double d;
else
Lihat bagian if.
enum
enum merupakan type
specifier yang dipakai
dalam enumerasi. Suatu
enumerasi merupakan daftar dari suatu nama konstan integer. Contoh,
kode
mendeklarasikan enumerasi warna yang terdiri dari konstan 3 red, green,
dan yellow:
#include <stdio.h>
enum color {red, green, yellow};
enum color c;
int main(void)
{
c = red;
if (c==red)
printf("is red\n");
return 0;
}
extern
Tipe data modifikasi
extern menyatakan kepada
compiler yang
mendefinisikan variable yang diletakan dimanapun dalam program.
Sering di
pakai dalam konjungsi dengan
file yang terkompilasi secara terpisah, yang
dapat berbagi seperti data global dan di-linked-kan bersama-sama.
Contoh,
jika first dideklarasikan dalam file
lain sebagai integer, dan akan dipakai
dalam file lainnya, seperti terliat dalam contoh :
extern int first;
float
float adalah tipe data yang di pakai untuk mendefinisikan
variable floating
point, contoh :
float f;
for
Loop for mengijinkan inisialisasi
secara otomatis dari
instrument variable
counter, bentuk umumnya adalah :
for (initialization; condition; increment)
{
statement block
}
Jika statemen hanya
terdiri dari satu,
maka kurung kurawal
boleh tidak
dipakai. Walaupun for
mengijinkan sejumlah variasi,
secara umum
inisialisasi biasanya dipakai
sebagai counter pada
variable yang akan
mengawali suatu loop.
Secara umum kondisi
berupa pernyataan yang
berhubungan untuk
memeriksa variable counter
apakah sudah mencapai
terminasi atau belum, sedangkan increment
akan menaikan nilai counter
setiap iterasinya. Loop akan di ulangi hingga kondisi bernilai
salah, contoh
untuk mencetak hello sebanyak 10 kali :
for (t=0; t<10; t++) printf("Hello\n");
goto
goto menyebabkan eksekusi
program melompat ke suatu
label dalam
statemen goto, perhatikan conroh berikut :
goto label;
..
..
..
label;
Semua label harus berakhir dengan tanda colon dan tidak memuat konflik
dengan katakunci lainnya atau nama fungsi , contoh :
goto lab1;
printf("wrong");
labl1:
printf("right");
if
Secara umum bentuk statemen if adalah :
if (condition)
{
wijanarto referensi 2010
statement block 1
}
else
{
statement block 2
}
If dengan statemen tungga boleh tidak memakai tanda kurung kurawal.
else
merupakan optional. Kondisi boleh berupa ekspresi. Jika ekspresi
dievaluasi
ke nilai selain dari 0, maka blok statemen 1 akan dieksekusi; selain
itu, jika
ada, bok statemen 2 akan di eksekusi, contoh :
ch = getche();
if (ch == 'q')
{
printf("Program
Terminated");
exit(0);
}
else proceed();
int
int merupakan tipe
data untuk mendeklarasikan suatu
variable integer,
contoh :
int count;
long
long merupakan tipe
data modifier yang
biasa di pakai
untuk
mendeklarasikan suatu
variable long integer dan long double, cotoh :
long int count;
register
register merpakan modifier
yang diperlukan untuk
suatu variable yang
diurutkan yang mengijinkan
akses terhadapnya secara cepat. Dalam kasus
suatu karakter atau integer dia biasa diartikan ke register, contoh
:
register int i;
return
Statemen return memaksa
kembali dari suatu
fungsi dan dapat di
pakai
untuk mentransfer nilai ke rutin yang memanggilnya, contoh :
wijanarto referensi 2010
int mul(int a, int b)
{
return a*b;
}
short
short merupakan tipe
data untuk modifier
dan di pakai
dalam variable
bertipe small integers, contoh :
short int sh;
signed
signed merupakan type
modifier yang tidak
umum di pakai
untk data
seperti, signed char.
sizeof
sizeof merupakan katakunci
diaman dia uga
merupakan compile-time
operator yang mengembalikan panjang
dari variable atau
tipe precede,
missal :
printf("%d", sizeof(short int));
akan mencetak 2 untuk implementasi dalam bahasa C
statemen sizeof secara prinsip dipakai untuk menolong untuk
mengenerate
kode secara portable saat kode tergantung pada ukuran tipe
data built-in
data types.
static
Kata kunci static dipakai untuk mendeklrasikan tpe data yang
menyebablan
keyboard dalam tipe
data di modifikasi
yang menyebabkan compiler
membuat storage permanen untuk variable, contoh :
static int last_time;
static dapat juga di pakai
sebagai variable global yang
terbatas dengan
skop pada file yang di deklarasikan.
struct
Statemen struct dipakai
untuk memebuat tipe
data agregat, disebut
struktur karena dapat memiliki
anggota, contoh formatnya adalah sebagai
berikut :
wijanarto referensi 2010
struct struct-name
{
type member1;
type member2;
..
..
..
type member N;
} variable-list;
Untuk mengacu dapat dipakai operator tanda panah (->) atau titik
(.) .
switch
Statemen switch merupakan statemen multi kondisi dalam C, yang
doipakai
untuk merute kondisi yang jumlahnya banyak, seperti pada contoh
berikut :
switch(int-expression)
{
case constant1:
statement-set 1;
break;
case constant2:
statement-set 2;
break;
..
..
..
case constantN:
statement-set N;
break;
default:
default-statements;
}
EaTiap statemen mungkin
terdiri dari satu
atau lebih statemen.
Bagian
default merupakan optional.
Ekspresi akan mengendalikan
switch dan
seluruh konstan case harus berupa tipe integral atau character.
switch dapat bekerja
dengan memeriksa nilai
int-expression terhadap
constant. Jika ditemukan
dengan segera, maka
statemen di bawahnya
dikerjakan. Statemen break
menyebabkan pencarian terhadap
konstan
case lainnya, perhatikan contoh dibawah ini :
ch = getche();
switch(ch)
{
case 'e': enter();
break;
case '1': list();
wijanarto referensi 2010
break;
case 's': sort();
break;
case 'q' : exit(0);
break;
default:
printf("Unknown Command\n");
printf("Try
Again\n");
}
typedef
typedef suatu pernyataan
yang mengijinkan kita untuk
membuat nama
baru dari tipe data yang sudah ada :
typedef type-specifier new-name;
typedef float balance;
union
union membuat tipe aggregate
dalam 2 atau lebih variable yang
berbagi
pada lokasi memori
yang sama. Bentuk
deklarasi dan cara
mengakses
anggota sama dengan struct.
union union-name
{
type member1;
type member2;
..
..
..
type memberN;
} variable-list;
unsigned
unsigned adalah peubah
tipe yang mengatakan
pada compiler untuk
membuat variable menangani
hanya nilai tipe unsigned (bilangan positive
misalnya).
unsigned int big;
void
void merupakan peubah
tipe yang utamanya
di pakai untuk
mendeklarasikan fungsi void (fungsi yang tidak mengembalikan nilai). Dia
juga dapat dipakai untuk membuat void pointers (pointer
ke void) yang
secara generic pointer
dapat menunjuk ke
tipa apapun dari
object dan
menspesifikasikan daftar parameter kosong.
volatile
volatile merupakan peubah
yang mengatakan pada
compiler bahwa
variable konstan mungkin
akan di ubah
dengan cara implicit
yang di
definisikan dalam program.
Variabel yang dirubah oleh
hardware, seperti
real-time clocks, interrupts, atau input lainnya.
while
Merupakan bentuk perulangan seperti di bawah ini :
while(condition)
{
statement block
}
jika terdapat statement
tunggal yang merupakan satu object
dari while,
boleh tidak memakai tanda
kurung kurawal. Loop akan mengulang
selama
kondisi bernilai benar. Statemen while akan memeriksa kondisinya
di awal
loop. Dengan demikian, jika kondisi
bernilai salah saat
memulainya, maka
loop tidak akan mengeksekusi seluruh statemen didalamnya. Kondisi
dapat
berupa suatu ekspresi, contoh :
t = 0;
while(!feof(fp))
{
s[t] = getc(fp);
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar